Selasa, 10 Juni 2014

Ringkasa Buku "Mukjizat Sedekah"







Sedekah : Jalan Menuju Hidup Berkah

"Setiap persendian manusia wajib diberkahi, setiap hari yang padanya matahari terbit. Beliau bersabda, "Mendamaikan antara dua orang (yang berselisih) adalah sedekah, membantu seseorang dalam masalah kendaraannya lalu menaikkannya ke atas kendaraannya atau menaikkan barang ke atas kendaraannya adalah sedekah. Beliau bersabda, "(Mengucapkan) kalimat yang baik adalah sedekah, setiap langkah yang dia berjalan menuju masjid adalah sedekah, dan menyingkirkan gangguan dari jalan adalah sedekah."
(HR. Al-Bukhari dan Muslim).

Hadis diatas menyerukan perlunya bersedekah dengan berbagai cara, karena sesungguhnya setiap perbuatan baik dinilai sedekah.

Mengapa Anda Harus Bersedekah?

1. Bersedekah dapat menolak bala'
Inilah salah satu rahasia orang menunaikan sedekah. Bila anda sakit, bersedekahlah. Bila sudah bersedekah dan belum juga sembuh, perbanyaklah lagi sedekah anda. Tunggulah, Allah SWT. sedang mendengarkan doa orang-orang yang pernah anda beri sedekah.

2. Bersedekah dapat membuat orang bekerja keras sehingga melipatgandakan rezekinya
Bila ada tanda-tanda anda telaj mulai berputus asa di tempat kerja, segera bersedekahlah. Karena dengan bersedekah akan memaksa anda bekerja keras. Dengan bekerja keras anda akan mendapatkan nafkah. Dengan nafkah itu anda berkesempatan untuk menunaikan sedekah.

3. Bersedekah mengawal orang mencari rezeki halal
Bila anda gemar curang, mencari rezeki dengan cara mengakali orang lain, korupsi dan kolusi di tempat kerja, saling jegal-menjegal dengan saudara sendiri, segeralah bertaubat. Sedekah adalah cara anda untuk bertaubat dari perilaku negatif di tempat kerja. Dengan bersedekah, anda akan lebih terkontrol dalam bekerja. Sedekah akan membuat anda merasa ada yang sering mengawasi, yaitu orang-orang yang anda beri sedekah dan tentu Allah SWT.

4. Bersedekah meningkatkan kepedulian sosial
Percayalah, anda hidup di dunia ini membutuhkan sesama. Dengan sedekah, akan membuat jalinan silaturahmi anda dengan sesama terus tersambung dalam kebaikan dan berkah. Dengan silaturahmi yang terjaga dengan baik, anda berkesempatan untuk terus menjaga sumber-sumber rezeki anda, karena orang yang gemar menyambung tali silaturahmi akan diluaskan rezekinya.

5. Membudayakan hidup sederhana dan rendah hati
Dengan gemar bersedekah berarti mengoptimalkan keberadaan harta benda, menghindari sikap hidup foya-foya, hura-hura, boros sekaligus mubadzir. Dengan demikian akan mendidik seseorang menjadi pribadi yang rendah hati dan belajar hidup bersahaja.

6. Mengurangi cinta dunia dan menyiapkan kehidupan akhirat
harta benda hanyalah alat untuk mendukung keberhasilan akhirat, sehingga pergunakanlah harta benda yang dititipkan kepada anda untuk bersedekah sebanyak-banyaknya demi kesiapan menyongsong kehidupan yang bahagia.

7. Menghindari gaya hidup bermegah-megahan dan suka pamer
Dengan sedekah, orang-orang tidak hanya menumpuk harta benda, tetapi juga menyisihkan harta untuk disedekahkan kepada orang lain, sehingga menimbulkan sikap rendah hati dan tidak suka pamer, karena sedekah harus diiring dengan niat ikhlas.

Apa saja yang Bisa Disedekahkan?

1. Harta Benda
Sisihkan sebagian harta yang anda punya, hyang sesungguhnya adalah hak orang lain yang dititipkan melalui harta anda.

2. Pekerjaan dan Informasi
Salah satu kekurangan angkatan kerja adalah lemahnya jaringan kerja dan akses informasi. Anda bisa memberikan pekerjaan bila mampu atau sekedar informasi kerja bagi orang yang membutuhkan.

3. Tenaga dan pikiran
Tenaga anda bisa disedekahkan untuk kerja bakti, mengurus korban bencana, ronda menjaga keamanan kampung, menjadi pengurus masjid dan atau lembaga sosial yang tidak dibayar dan sebagainya.
Anda juga bisa berbagi pemikiran untuk menyelesaikan masalah, itu juga insya Allah merupakan sedekah.

4. Senyum dan perbuatan baik
"Semua kebaikan adalah sedekah dan setengah dari kebaikan adalah menjumpai saudaramu dengan muka yang manis, dan menuangkan air dari timbamu kedalam wadah saudaramu." (Al-Hadis).

5. Dzikir dan sholat dhuha
"Setiap pagi, pada ruas tulang rusuk terdapat sedekah, setiap ucapan tasbih (Subhanallah) adalah sedekah, setiap ucapan tahmid (Alhamdulillah) adalah sedekah, setiap ucapan tahlil (La ilaha illallah) adalah sedekah, setiap kebaikan adalah sedekah. Dan dua rakaat yang dikerjakan seseorang dalam shalat dhuha telah mencakup semuanya." (HR. Muslim).





www.gunadarma.ac.id
baak.gunadarma.ac.id
studentsite.gunadarma.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar