Sabtu, 22 Maret 2014

Pemakaian Metode Ilmiah untuk Menjawab Pertanyaan - Pertanyaan Ilmiah (Tulisan 2)

Apa itu Metode Ilmiah?

Dalam melakukan sesuatu, manusia harus melewati beberapa tahap-tahap untuk mencapai suatu tujuan. Misalnya, seseorang ingin ke sekolah, sebelum sampai sekolah tentu ia melewati beberapa tahap/peristiwa, misalnya ditetapkan dari ia bangun tidur, kemudian membereskan tempat tidur, mandi, berpakaian, sarapan, berangkat dengan kendaraan tertentu atau jalan kaki, dan akhirnya sampai ke sekolah. Seseorang tidak mungkin dari bangun tidur tiba-tiba dia langsung berada di sekolah, pasti ia melewati beberapa tahap untuk bisa sampai ke sekolah.
Sama halnya dengan penulisan ilmiah, dalam penulisan ilmiah dilakukan beberapa metode untuk dapat menyelesaikannya. Disebut dengan metode ilmiah, yaitu suatu proses atau cara atau tahapan yang harus dilakukan dalam penyelesaian penulisan ilmiah untuk memeperoleh suatu pengetahuan..

Dalam Penulisan ilmiah bertujuan untuk mengetahui atau menjawab pertanyaan-pertanyaan ilmiah yang dibuktikan secara ilmiah, dengan landasan teori dan fakta yang nyata.

Langkah-Langkah Metode Ilmiah, yaitu:
1. Menentukan Tema
Sebelum melakukan suatu penulisan ilmiah, tentu dibuat suatu tema yang menarik yang layak untuk diteliti. Karena penulisan ilmiah adalah aset untuk generasi berikutnya.
2. Menyusun Pendahuluan
Setelah menentukan tema, maka dibuatlah suatu pendahuluan yang berisi latar belakang mengapa seseorang melakukan penelitian tersebut. Didalamnya terdapat argumen-argumen yang dapat memperkuat tema tersebut yang diangkat sebagai objek penulisan ilmiah.
3. Mengidentifikasi masalah
Dengan dibuatnya pendahualan penulisan ilmiah, kemudian tentukan masalah apa yang akan dibahas. Pengidentifikasian masalah ini berguna untuk membatasi masalah apa saja yang akan dibahas, agar tidak terlalu meluas dengan membuat suatu rumusan masalah (kerangka masalah) yang akan diteliti dan dibahas.
4. Kajian Teoritis
Pada langkah ini, penulis harus menyebutkan teori apa saja yang menjadi landasan dibuatnya suatu penulisan ini. Landasan teori ini berguna untuk menjelaskan argumentasi yang timbul dalam penulisan ilmiah tersebut.
5. Metode Penelitian
Digunakan untuk menguji data atau variabel sehingga mendapatkan hasil yang dapat menajawab masalah yang telah ditentukan.
6. Penyusunan kesimpulan
Setelah mendapatkan hasil dari penelitian, maka dapat dibuat kesimpulan dari penulisan ilmiah tersebut, yang diharapkan dapat menjawab masalah yang dipertanyakan.

Kita telah mengetahui apa itu metode ilmiah dan langkah-langkahnya. Lalu, apakah pertanyaan-pertanyaan ilmiah dijawab dengan menggunakan metode ilmiah?
Ya, pertanyaan ilmiah dijawab dengan metode ilmiah. Dalam langkah metode ilmiah, pertanyaan ilmiah mucul dalam pengidentifikasian masalah (langkah kedua). Pertanyaan ilmiah harus dijawab, diuji atau dijelaskan dengan fakta dan landasan teori yang mendukung. Menjawab suatu pertanyaan biasa saja kita perlu melewati tahapan apalagi pertanyaan ilmiah, tentu harus melewati tahap (metode ilmiah) agar terstruktur dan dapat dipertanggungjawabkan karena memiliki bukti dan landasan yang autentik.




Daftar Pustaka

URL : http://usmanmatematika.blogspot.com/2013/04/macam-macam-manfaat-singkong-atau-ubi.html
URL : http://anneahira.com/langkah-metode-ilmiah.htm
URL : http://psikologip.blogspot.com/2011/12/manfaat-metode-berpikir-ilmiah.html
URL : http://id.wikipedia.org/wiki/Metode_ilmiah
URL : http://skripsimahasiswa.blogspot.com/2008/10/metode-ilmiah.html



baak.gunadarma.ac.id
studentsite.gunadarma.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar