Kamis, 01 Januari 2015

Tulisan 5 Etika Bisnis



Analisis Data Cross Section dan Time Series


1.   Profile



Perancis merupakan salah satu ekonomi terbesar di dunia. Di Perancis, beberapa sektor ekonomi meraih prestasi menonjol dan diperkirakan akan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi tahun 2013. Dalam hal ini, angka yang diraih industri kedirgantaraan dan antariksa amat luar biasa.  Dalam industri pesawat terbang, Airbus memantapkan dirinya sebagai pelaku utama, dengan kesuksesannya menyerahkan 588 pesawat kepada 89 pelanggan dan membukukan 833 penjualan pada tahun 2012. Hasil-hasil yang diraih tersebut memungkinkan perusahaan ini meneruskan kebijakan perekrutan karyawannya, dengan membuka 5000 lapangan kerja, yang sebagian berada di Perancis.

Citra Bergengsi di Luar Negeri
Perancis juga terkenal di seluruh dunia berkat aset-asetnya di bidang agribisnis. Sebagai negeri seni kuliner dan pameran pertanian internasional, di bidang ini Perancis mencatat angka penjualan yang terus meningkat, dengan surplus perdagangan 11,5 milyar euro. Di sektor industri susu, Lactalis dan Danone menduduki posisi ke-2 dan ke-3 di dunia. Di bidang industri minuman beralkohol (spirits), Pernod Ricard menduduki peringkat kedua perusahaan terbesar di dunia. Bahkan Koperasi Triskalia dari daerah Bretagne spesialis ternak unggas, masuk dalam peringkat “Deloitte Technology Fast 50”, sebuah ajang yang diciptakan dan diselenggarakan oleh kantor Deloitte, salah satu kantor audit dan konsultan kelas dunia.
Di bidang pertanian, Perancis memecahkan rekor ekspor benih dan tanaman di tahun 2012, dengan nilai total 1,2 milyar euro, menurut data yang dikeluarkan oleh Grup Interprofesional Benih dan Tanaman Nasional Perancis.
Pasar barang-barang mewah Perancis pun menantang krisis. Pada tahun 2012, untuk ketiga kalinya selama tiga tahun secara berturut-turut angka pertumbuhan industri ini mencapai dua digit. Perusahaan-perusahaan Perancis, seperti peringkat satu dunia LVMH atau Rémy Cointreau, mendominasi pasar internasional dan mengandalkan pasar di Asia. Lebih dari 12% pemasukan perusahaan-perusahaan barang mewah Perancis berasal dari Cina. Di tahun 2020, pasar ini akan menjadi nomor satu di dunia, mengungguli Amerika Serikat maupun Jepang. Di Perancis, pasar produk mewah kini mempekerjakan 100 ribu orang karyawan.

2.    Analisis Data Cross Section
Dibawah ini adalah diagram persenatase ekspor – impor terhadap GDP pada beberapa negara maju tahun 2012.


                                
Berdasarkan diagram diatas, dapat dilihat bahwa tingkat persentase ekspor – impor terhadap GDP oleh beberapa negara yang paling tinggi yaitu Puerto Rico, sementara jika dibandingkan dengan beberapa negara diatas, Perancis termasuk negara yang memiliki tingkat persentase ekspor dan impor terhadap GDP yang tidak terlalu tinggi (sedang). Sehingga dapat disimpulkan bahwa negara Perancis memiliki ketergantungan tidak terlalu tinggi (sedang) terhadap negara lain.
3.    Analisis Time Series
Dibawah ini adalah grafik persentase ekspor – impor terhadap GDP negara Perancis.
                 

Sumber : http://eco-france.over-blog.com/categorie-10973471.html
 Berdasarkan grafik diatas, terlihat bahwa tingkat ekspor – impor terhadap GDP Negara Perancis mengalami kenaikan (walaupun sedikit naik- turun), namun secara umum dapat dilihat bahwa grafiknya naik, sehingga dapat disimpulkan bahwa semakin bertambahnya waktu, tingkat ketergantungan Perancis terhadap negara lain semakin tinggi.


Kesimpulan:
Dilihat dari nilai ekspor – impor terhadap GDP dengan analisis time series dan cross section  maka dapat disimpulkan bahwa Perancis memiliki ketergantungan yang cukup tinggi terhadap Negara lain.





baak.gunadarma.ac.id
studentsite.gunadarma.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar