Sabtu, 07 Juni 2014

Resensi Buku "Mukjizat Sedekah"






Identitas Buku

Judul Buku
Mukjizat Sedekah
Penulis
Muhammad Thobroni
Penyunting
Abudila
Pengantar
Ali Formen Yudha
Perancang Sampul
Teguh Prastowo
Perancang Isi
Maftuhah Hamid
Tahun
2007
Penerbit
Pustaka Marwa, Yogyakarta
Pencetak
Percetakan Galangpress
Jln. Anggrek 3/34 Baciro Baru Yogyakarta 55225
Distributor Tunggal
PT BUKU KITA
Jl. H. Montong No.57 RT 006/RW 02
Kel.Ciganjur, Kec Jagakarsa, Jakarta Selatan


Resensi

Sedekah adalah amalan istimewa berdimensi ganda: akhirat sekaligus dunia.
Ia tidak saja menunjukkan kecerdasan intelektual dan spiritual, tetapi juga sosial.
Ia menyimpan energi "misterius" dalam menggerakkan orang meraih sukses, hidup bahagia, rezeki lapang, juga menangkal kesulitan dan bencana.


"Siapakah yang mau memberikan pinjaman kepada Allah pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya), maka Allah akan melipatgandakan pembayaran kepadanya dengan berlipat ganda.
Dan Allah yang menyempitkan dan melapangkan (rezeki), dan kepada-Nyalah dikembalikan."
(QS. Al-Baqarah: 245)

Sedekah bukan membuang harta, tenaga dan pikiran dengan percuma. Ia juga tidak melulu terkait dengan harta-benda atau yang berjuta-juta. Tapi ia merupakan energi cinta. Begitu banyak orang sukses, bahagia dengan beribu-ribu jalan sedekah. Di dalam buku ini kita akan menyaksikan kisah nyata yang menggugah hati dari orang-orang yang menjadikan sedekah sebagai sumber energi prestasi.

Sedekah telah mengubah nasib mereka. Sedekah bagi mereka memiliki daya dorong dalam menghadapi dan menyelesaikan masalah. Kita  bisa belajar dengan mereka; direktur bank, bisnisman asuransi, politisi, pejabat negara, pekerja sosial, pemilik sekolah, dosen, penulis hingga mahasiswa yang berbagi pengalaman dalam buku ini. Mereka telah membuktikan bahwa bersedekah merupakan salah satu jalan meraih kesuksesan.

Hadis Qudsi : "Bila ada orang mendekat kepada-Ku sejengkal, Aku akan mendekat sehasta. Bila ia mendekat sehasta, Aku akan mendekat sedepa. Dan bila ia datang berjalan, Aku datang dengan berlari."

Kelebihan Buku :

1. Bahasa yang digunakan ringan, sehingga mudah dipahami.
2. Memberikan wawasan bahwa sedekah tidak harus berbentuk uang berjuta-juta, tapi yang terpenting adalah cinta dan ikhlas memberi, contohnya dengan bersedekah senyuman dan peruatan baik, tenaga dan pikiran, pekerjaan dan informasi kerja, dzikir dan shalat Dhuha. 
3. Kisah-kisah yang ditampilkan sangat inspiratif, mendorong semangat pembaca melakukan hal yang serupa.
4. Bahasa yang digunakan persuasif, sehingga mebuat pembaca ingin melakukan hal yang serupa yaitu sedekah.
5. Penyampaiannya apik dan sopan membuat pembaca bertambah keyakinan akan kuasa Allah dan kemurahan hati Allah, bahwa Allah tidak akan mengurangi harta yang bersedekah justru malah melipatgandakan dan mempermudah persoalan dunia dan akhirat.
6. Tulisan dapat diterima karena berlandaskan dengan ayat Al - Quran dan Al Hadis sehingga diyakini (terutama oleh pembaca muslim) dan masuk akal.

Kekurangan Buku

1. Tidak disebutkan secara jelas kebeneran dari kisah tersebut (faktor privasi), ini akan membuat beberapa orang yang kritis mempertanyakan kebenaran kisah dalam buku.

Kesimpulan :

Buku "Mukjizat Sedekah" yang ditulis oleh Muhannad Thobroni ini sangat inspiratif dan persuasif, memberikan wawasan tentang sedekah dan mendorong pembaca untuk banyak bersedekah. Dimana sedekah itu sendiri tidaklah merugikan bagi siapapun, justru akan menyelamatkan seseoarang di dunia dan di akhirat. 




www.gunadarma.ac.id
baak.gunadarma.ac.id
studentsite.gunadarma.ac.id




Tidak ada komentar:

Posting Komentar